Ibu Muslimah “Laskar Pelangi”

by shabrinasafiraf

Pernah Baca Tetralogi Laskar Pelangi karya Andrea Hirata ???

Atau Pernah Nonton Film Laskar Pelangi Garapan dari Mira Lesmana dan disutradarai Oleh Riri Riza ???

Jika Jawabannya IYA, Pasti sudah tidak asing lagi dengan tokoh yang satu ini !

Yups, Beliau adalah “BU MUSLIMAH”

Nama Lengkapnya N.A Muslimah Hafsari Hamid binti K.A Abdul Hamid. Lahir di Dusun Rasau, Desa Gantung, Kecamatan Gantung, Belitung Timur, 27 Februari 1952. Beliau adalah seorang Guru SD Muhammadiyah Belitung yang telah menjadi Inspirasi dari Pak Cik “Andrea Hirata” untuk menulis Novel Laskar Pelangi.

Lulus dari sekolah Kepandaian Putri (SKP) Muhammadiyah pada Usia 16 tahun…
Dan pada Usia 17 tahun,  Muslimah Muda mangabdikan dirinya untuk  mendidik murid-murid Di SD Muhammadiyah Gantung, sekolah yang dirintis pendiriannya oleh kakeknya. Sejak diangkat menjadi PNS sekitar tahun 1986, Ibu Muslimah kemudian mengajar di SD Negeri 1 Desa Lintang Kecamatan Gantung hingga tahun 1989, lalu mengajar di SD Negeri 6 Kecamatan Gantung dari tahun 1989 hingga sekarang. Bu Muslimah adalah figur guru yang pada akhirnya menginspirasi Indonesia, walaupun pada saat awal mengajar dulu beliau menerima gaji hanya sebesar Rp 7000,- per bulan atau bahkan kadang-kadang tidak menerima sama sekali. Tahun 2008, Bu Muslimah masih mengajar di SDN 6 Gantung, Belitung.

Bu Muslimah tidak pernah menduga kisah hidupnya akan menginspirasi jutaan orang. Tak pernah pula ia menduga, figurnya akan diangkat ke layar lebar hingga mendapat apresiasi dari pemerintah. Bagi bu Mus tak ada hal yang dapat lebih membanggakan selain melihat murid-muridnya berhasil mengejar pelanginya.

Pengabdian Bu Muslimah telah menjadi inspirasi bagi kaum guru. Bahkan pemerintah terkesan dan menggajarnya dengan penghargaan Satya Lencana Pembangunan dan Satya Lencana Pendidikan.

Muslimah sebuah nama yang tercetak abadi disalah satu buku bestseller di negeri ini laskar Pelangi. Tapi Muslimah tidak pernah meminta apapun. Bahkan ia lebih memilih meninggalkan pesan, “kalua kita sudah tinggi, tidak usah disanjung-sanjung, nanti jatuh ke buminya lebih tinggi lagi”.

Benar-benar Tokoh yang MengInspirasi yah🙂

Sumber: http://id.wikipedia.org/wiki/Bu_Muslimah
http://asmarie.blogdetik.com/2009/01/19/kisah-hidup-bu-muslimah-ibunda-laskar-pelangi/