Ilmu Tidak Datang Sendiri.

by shabrinasafiraf

Ibnu Abbas bercerita tentang dirinya sendiri, “Setiap kali mendengar sebuah Hadits telah didengar orang lain, aku bergegas menunggu Rasulullah di pintu Rumahnya saat dia masih tidur. Aku jadikan jubahku untuk bantal kepala di samping Pintu depan Rumahnya. Aku biarkan debu-debu terhembus angin mengenai tubuhku. Jika mau minta izin kepadanya, pasti dia akan mengizinkan aku masuk. Aku tak melakukannya mengingat dirinya yang begitu mulia. Saat keluar, dia melihatku dalam keadaan seperti itu, seraya berkata, “Wahai Sepupuku, apa yang membawamu datang ? Kenapa tidak mengutus seseorang, aku pasti akan datang ?”

“Aku lebih berhak datang kepadamu. Ilmu itu didatangi bukan datang sendiri,” jawabku.

Kemudian aku bertanya tentang Hadist tersebut.”1

 

1 Al-Ishabah Fi Tamyiz ash-Shahabah.

Sumber: Buku Takut Hanya pada Allah (DR. MUSTAFA MURAD)